Celemek Bebas Noda dan Bau Dengan Tips Berikut
0 Comments

GreenClean – Celemek merupakan salah satu barang wajib yang digunakan saat memasak. Fungsi utamanya yaitu untuk melindungi pakaian dari noda, cipratan minyak, dan lain sebagainya. Karena itu, celemek harus selalu dijaga kebersihannya. Apakah Anda sering memakai celemek saat memasak? Jika ya, celemek pasti akan mudah kotor oleh noda saus sayur, minyak, atau saus, sehingga cukup sulit untuk dihilangkan. Untuk membersihkan celemek, cara paling efektif adalah dengan menggunakan tangan Anda, bukan mesin cuci. Cara terbaik adalah tidak mencampur proses pencucian celemek bernoda dengan pakaian lain. Berikut tips sederhana untuk membersihkan celemek dapur dan kain lap dari noda membandel.

Celemek Bebas Noda dan Bau Dengan Tips Berikut

Mencuci Celemek Secara Tepat

Sebelum mencuci, baca terlebih dahulu aturan mengaplikasikan celemek. Jika celemek bisa dicuci dengan air panas atau hangat, rendam selama 20 hingga 30 menit. Tambahkan sedikit deterjen ke dalam air. Jika ada noda kering di celemek, kamu bisa menambahkan tiga sendok teh amonia kedalam setengah ember air. Kemudian rendam celemek selama dalam larutan ini selama 20 menit. Gunakan sikat jika perlu untuk menghilangkan noda. Anda bisa menghilangkan noda minyak dengan sabun cuci piring cair. Cara ini akan menghilangkan lemak dengan mudah. Setelah itu kamu bisa sikat celemek sampai noda benar benar hilang. Jika sudah lakukan pembilasan dengan air besih dan mengalir.

Sedangkan untuk mengatasi celemek berbau bawang, kamu bisa rendam dalam hidrogen peroksida . tunggu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit dan setelah itu dicuci lalu bilas sekali dengan air. Anda juga bisa menggunakan susu untuk menghilangkan noda pada celemek. Cuci bersih dengan air dan cuka putih untuk menghilangkan bau susu. Bau cuka putih akan mengurangi bau susu setelah dikeringkan. Tips lain untuk menghilangkan noda dari celemek yaitu menggosok noda dengan soda. Caranya, basahi celemek lalu gosok dengan soda hingga noda hilang. Campuran lemon dengan garam merupakan bahan sederhana dan ampuh untuk mencuci celemek. Anda bisa menambahkan garam dan beberapa tetes jus lemon ke dalam air lalu rendam celemek dan kain. Cara lain untuk mengatasi celemek kotor yaitu dengan memakai irisan lemon dan garam. Kamu bisa aplikasikan pada noda di celemek lalu cuci dengan air hangat dan keringkan.

Mencegah Celemek Kotor dan Bau

Celemek atau apron merupakan salah satu komponen wajib untuk memasak. Namun, lebih dari sekedar pelengkap, apron memiliki berbagai peran penting, lho. Misalnya, mencegah noda dan kotoran pada pakaian, menaruh catatan di saku kecil, hingga mengantongi peralatan atau perkakas yang dibutuhkan untuk mengolah makanan.

Jadi tidak jarang celemek dipenuhi cipratan dan puing-puing lainnya. Meski begitu, kamu tetap harus rutin membersihkannya, lho. Pasalnya, meninggalkan noda terlalu lama justru akan mengubah celemek menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Supaya celemek kamu bebas dari kotoran dan bau, simak tips dan triknya di bawah ini, yuk!

  • Bahan yang dipakai untuk membuat celemek memang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan petunjuk pencuciannya. Anda bisa membilas celemek terlebih dahulu dengan air untuk menghilangkan noda fisik.
  • Selanjutnya, tuangkan deterjen cair ke dalam air dan rendam selama 10 menit. Anda dapat menggunakan detergen Anti Bau, karena formula anti bau dan anti kuman akan langsung menghilangkan berbagai bau dan kuman yang menempel pada celemek. Formula deterjen akan efektif menghilangkan noda pada serat kain
  • Anda juga bisa mengoleskan detergen anti bau pada bagian celemek yang terdapat noda membandel dan menggosoknya dengan lembut menggunakan sikat lembut. Bilas sampai bersih dan keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *