Langkah Tepat Membersihkan TV Led
0 Comments

GreenClean.id – Layar TV khususnya TV dengan panel LED sangat rentan terhadap debu dan juga mudah tergores jika cara pembersihannya salah. Perlu Anda ketahui, cara membersihkannya tidak boleh sembarangan. Tidak semua panel LED bisa dibersihkan dengan air atau cairan pembersih rumah tangga di rumah Anda. Alih-alih bersih, layar TV Anda malah bisa tergores atau bahkan rusak! Anda tidak ingin itu terjadi, bukan? Simak caranya berikut ini.

Langkah Tepat Membersihkan TV Led

Matikan TV LED dengan benar

Sebelum Anda mulai membersihkan, pastikan TV dimatikan dan jangan lupa cabut kabel power. Hal ini sangat penting dilakukan agar kotoran dapat terlihat dengan jelas dan pixel pada panel tidak rusak. Juga agar tidak ada aliran listrik yang tersambung untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Membersihkan Layar TV LED dengan Kain Lembut

Setelah TV dipastikan mati, saatnya menyiapkan kain yang sesuai untuk permukaan layar. Layar TV sangat mudah tergores, apalagi jika layarnya tidak memiliki lapisan pelindung kaca. Kain yang cocok untuk membersihkan layar TV adalah kain kering yang lembut dan tidak berbulu. Kami menyarankan Anda menggunakan kain mikrofiber atau kain serupa seperti kain pembersih kacamata. Kemudian perhatikan cara mengelapnya, usahakan jangan ditekan dan lakukan perlahan.

Cara Membersihkan Layar TV LED Kotor dengan Pembersih Khusus

Ingat, jangan gunakan cairan pembersih yang tidak ditujukan untuk layar TV. Contohnya termasuk alkohol, bensin, pembersih jendela, sabun, bubuk gosok, atau pembersih lain yang tidak dimaksudkan untuk layar TV. Cairan yang paling direkomendasikan untuk membersihkan layar TV tentunya adalah cairan pembersih yang dikhususkan untuk ini. Cairan ini bisa didapatkan di pasar online dengan harga yang sangat terjangkau. Jika Anda menginginkan cairan pembersih alternatif, Anda bisa membersihkannya dengan campuran cuka dan air. Berikut cara membuat campuran air cuka. Siapkan mangkok atau wadah serupa. Campur air dan cuka di dalam wadah. Celupkan ujung kain mikrofiber (Jangan semprotkan cairan ini langsung ke layar TV). Seka permukaan TV dengan lembut.

Cara Membersihkan Layar TV LED Melalui Penempatannya

Letak layar TV LED sangat mempengaruhi kebersihannya. Hindari menempatkan TV di tempat yang terkena debu beterbangan, seperti jendela dan benda yang tertutup rambut. Kedua hal ini sangat berisiko membuat layar TV Anda cepat kotor.

Hindari Menggunakan Bahan Bertekstur Kasar

Tidak semua bahan memiliki permukaan yang halus, walaupun terkadang terasa halus di tangan namun sebenarnya memiliki permukaan dan tekstur yang kasar. Pernahkah Anda membersihkan layar TV menggunakan tisu? Lebih baik hindari mulai sekarang. Bahan apapun seperti tissue dan handuk adalah bahan yang tergolong bahan non ultrasoft. Oleh karena itu sebaiknya gunakan kain yang lembut seperti microfiber.

Hindari Menggunakan Cairan Selain Pembersih Khusus

Faktanya, banyak orang masih menggunakan cairan apa pun untuk membersihkan layar TV mereka. Padahal cairan tersebut sangat berisiko merusak layar TV. Misalnya menggunakan minyak kayu putih, meski tergolong aman, sebenarnya bisa berbahaya. Minyak kayu putih adalah minyak dan akan meninggalkan bekas di layar. Padahal, kotoran yang menempel bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih.

Hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan alat elektronik yaitu selalu pastikan lepas kontak dengan listrik. Jika anda lalai dalam hal ini efeknya alat elektronik dapat konslet bahkan anda juga bisa tersetrum. Selain itu perhatikan juga bahan yang digunakan apakah sesuai dengan jenis alat elektronik tersebut. pastikan untuk selalu mencoba bahan pembersih di area kecil yang tidak terlihat terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *