Mitos dan Fakta Pembersihan Toilet
0 Comments

GreenClean – Sebagai ruangan penting dalam rumah, kamar mandi harus selalu dalam kondisi bersih. Saat ini sudah banyak merk dan jenis produk pembersih untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Namun, beberapa produk kebersihan ini mengandung bahan kimia berbahaya. Berbagai mitos tentang solusi masalah kamar mandi pun beredar di masyarakat.

Mitos dan Fakta Pembersihan Toilet

Ternyata hal ini bisa berdampak buruk bagi kamar mandi. Ini adalah mitos dan fakta tentang penggunaan agen pembersih ini.

  1. Pertama, alkali dapat membantu toilet atau saluran air yang tersumbat.

Padahal, menurut Naning Adiwoso, Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia, penggunaan larutan alkali sebagai upaya penanganan toilet dan saluran air yang dimanja justru dapat merusak toilet dan berdampak buruk pada septic tank.

  1. Kedua, membersihkan saniter dengan membuang limbah pembersih, pewangi, dan produk pembersih ke dalam saniter.

Faktanya, hal ini akan mempunyai efek membunuh bakteri pengurai kotoran di septic tank. Inilah salah satu penyebab munculnya bau tidak sedap di toilet. Pengikat ini sering kali mengandung bahan kimia beracun (klorin, amonia, dan asam klorida) yang dapat membuat tangki septik cepat berpori.

  1. Ketiga, rutin menggunakan pembersih lantai agar lantai kamar mandi bersih dan bebas kuman.

Faktanya, beberapa produk mengandung bahan kimia yang cukup tinggi. Dianjurkan untuk tidak menggunakan produk ini setiap hari karena dapat merusak permukaan porselen, septic tank dan mengakibatkan kebutaan jika terkena mata.

Menjaga Kamar Mandi Selalu Bersih

Kamar mandi yang bersih bukan hanya bagus tapi pastinya lebih sehat, dari pada kamar mandi dengan noda kotor dimana-mana. Akan tetapi kebersihan kamar mandi bukanlah suatu hal yang bisa terjadi begitu saja. Memang membutuh usaha untuk membersihkannya secara rutin. Demi kesehatan, berikut beberapa kebiasaan yang harus Anda terapkan dalam rutinitas harian Anda untuk menjaga kamar mandi tetap bersih dan membuat kamar mandi Anda berkilau dan bersinar setiap saat:

Selalu Kosongkan Sampah

Pastikan anda rutin untuk mengosongkan tempat sampah di kamar mandi setiap hari. Karena jika sampah yang ada di dalamnya menumpuk bisa menyebabkan aroma tidak sedap. Selain itu ini juga dapat menjadi salah satu sumber penyakit. Bahkan tempat sampah kecil pun terkadang mengeluarkan bau tak sedap di kamar mandi. Jadi, pastikan untuk mengosongkan tempat sampah Anda setiap hari, agar kamar mandi selalu bersih dan bebas bau.

Membiasakan Diri Untuk Multitasking

Multitasking atau bisa diartikan mengerjakan beberapa hal sekaligus dalam sekali waktu. contoh mudahnya yang bisa diterapkan yaitu ketika menggosok gigi, cobalah melakukan sesuatu yang lebih kreatif. Anda dapat sembari membersihkan wastafel dari sisa-sisa sabun dan kotoran, serta memastikan air mengalir secara lancar ke saluran pembuangan. Setelah dibilas, jangan lupa untuk memastikan tidak ada gumpalan pasta gigi yang menempel di wastafel atau “tersangkut” di saluran pembuangan sehingga menyumbatnya. Dengan kegiatan ini sudah bisa dipastikan wastafel akan tetap bersih setiap hari.

Gunakan Squeegee untuk Membersihkan Bak Mandi

Bersihkan bak mandi atau bak mandi dengan alat pembersih yg terbuat dr karet – pembersih karet yang membersihkan air di permukaan datar setelah mandi. Ini akan membantu menghentikan penumpukan kalsium dan noda air. Hal ini penting dilakukan setiap hari, untuk mencegah penumpukan jamur dan bakteri.

Bersihkan Area Dinding Pancuran

Ketika sedang mandi kamu juga bisa sambil membersihkan dinding di sekitar pancuran. Campuran air hangat dan cuka akan sangat membantu membersihkan noda kotor di dinding sekitar pancuran. Ini juga termasuk dalam kegiatan multitasking yang dijelaskan diatas. Sembari mandi kamu semprotkan cairan cuka ini. Kebiasaan ini akan memudahkan dan menghemat waktu saat Anda harus membersihkan seluruh kamar mandi. Pada malam hari, rendam kepala pancuran dengan cuka. Keesokan paginya, Anda akan mendapatkan pancuran yang berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *