Mendidik Anak Tentang Kebersihan Secara Tepat
0 Comments

Jasa Poles Marmer Jakarta – Pendidikan anak usia dini bukan hanya tentang nilai akademik yang berhubungan dengan angka dan huruf. Orang tua memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai dasar seperti tentang kebersihan. Pentingnya menjaga kebersihan anak akan menjadi kebiasaan baik yang akan mereka ingat hingga dewasa. Bagi para orang tua yang sedang berusaha melakukan seperti di atas, lakukan beberapa hal ini agar anak-anak sadar akan kebersihan.

Mendidik Anak Tentang Kebersihan Secara Tepat

Berikan Contoh Nyata dan Jangan Terlalu Memaksa

Anak-anak adalah cerminan orang-orang di sekitar mereka. Mereka tidak perlu dipaksa terlalu keras untuk melakukan sesuatu karena pada dasarnya anak akan mengikuti apa yang mereka lihat, termasuk dalam budaya kebersihan. Menjadi contoh nyata bagi mereka agar anak-anak sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.

Memulai Dari Hal Sederhana Yang Mudah Dilakukan

Sederhananya, bisa dimulai dari membuang sisa makanan bekas pada tempatnya, mencuci tangan setelah bermain kotor-kotoran di luar ruangan dan banyak hal kecil lainnya yang bisa dicontohkan oleh orang tua.

Memberikan Edukasi Efek Dari Tidak Menjaga Kebersihan

Rasa perwalian cenderung lebih besar ketika menyadari ancaman atau risiko yang muncul jika kita ceroboh. Ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa lho, tapi anak-anak bisa memahami sebab dan akibat yang dialaminya. Oleh karena itu berikan edukasi tentang penyakit yang bisa timbul akibat kurang menjaga kebersihan. Seperti penyakit gatal-gatal, dokter diberi tindakan berupa minum obat pahit atau hal lain yang bisa mereka pahami.

Fasilitasi Anak Dengan Lingkungan Bersih

Orang tua hendaknya tidak hanya berbicara tentang pentingnya menjaga kebersihan tanpa mendampingi anak dengan lingkungan yang bersih. Jaga kebersihannya dari tempat terdekat seperti rumah, terutama anak-anak yang sudah punya kamar sendiri. Jika perlu, sediakan juga alat pembersih untuk ruangan itu sendiri.

Jadikan Kebiasaan Ini Menyenangkan

Dan yang terpenting adalah menjadikan kebiasaan ini menyenangkan. Anak tidak pernah lepas dari dunia bermain yang menyenangkan, sehingga dalam menyampaikan pelajaran atau menerapkan hal-hal baru perlu dikemas dengan cara yang menyenangkan. Orang tua dapat membuat tantangan atau aturan permainan yang memberi penghargaan kepada anak-anak karena terus berpegang pada mereka.

Contoh Yang Bisa Diberikan

  • Ajak Rutin Untuk Mencuci Tangan

Salah satu kebersihan yang wajib diajarkan kepada anak adalah cara mencuci tangan yang benar. Namun, jangan lupa untuk memberinya pengertian, setiap kali ia harus mencuci tangan. Misalnya, setelah ke toilet dan sebelum menyentuh makanan. Imbaulah anak-anak untuk mencuci tangan mereka dan berikan contoh bagaimana melakukannya dengan benar. Pastikan anak dapat berlatih mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik, dan semua bagian tangan telah dibersihkan.

  • Mandi Dua Kali Sehari

Masyarakat di negara tropis seperti Indonesia punya kebiasaan mandi dua kali sehari. Pastikan anak mandi pagi dan sore setelah beraktivitas, setiap hari. Karena anak biasanya asik bermain sabun dan air, orang tua perlu mengajari dan memastikan anak menggosok seluruh bagian tubuhnya dengan sabun dan dibilas dengan air. Saat mandi, ajarkan juga tentang kebersihan gigi. Menjaga kebersihan gigi sangat penting bagi anak yang masih tumbuh kembang. Dorong anak Anda untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, dan pastikan mereka menyikat gigi dengan benar. Kebiasaan baik ini bisa mencegah gigi berlubang pada anak.

  • Menaruh Baju Kotor Pada Tempatnya

Ajak anak agar terbiasa tidak lupa meletakkan pakaian kotor pada tempatnya. Terkadang jika orang tua memiliki pembantu rumah tangga di rumah, anak mendapatkan perlakuan khusus dimana mereka bebas meletakkan pakaian dimanapun setelah bermain atau pulang dari sekolah. Hati-hati, sikap ini sangat salah dan bisa menjadi kebiasaan buruk bagi anak hingga mereka dewasa nanti. Lebih baik mengajari anak bertanggung jawab pada diri sendiri.

  • Biasakan Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sampah menjadi momok yang berdampak negatif bagi kehidupan manusia jika salah kelola. Untuk itu, orang tua harus mengajari anak tentang bagaimana seharusnya anak memperlakukan sampah. Ajari anak bahwa sampah memiliki tempat pembuangannya sendiri. Jangan lupa sediakan tempat sampah kering dan basah di rumah agar anak leluasa membuang sampah sesuai kriteria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *